Kamis, 23 Februari 2012

Kiat Sukses agar Skripsi/Tesis selesai dalam Waktu 3 Bulan

3 Bulan Skripsi/Tesis selesai

Target 3 menyelesaikan pembuatan karya ilmiah dalam bentuk skripsi/tesis adalah hal yang wajar. Langkah pertama adalah tahap persiapan, yang dapat diselesaikan dalam waktu sekitar 4 minggu.

Yang harus dilakukan oleh mahasiswa dalam tahap persiapan adalah sebagai berikut :
1. Memilih/Menentukan judul
2. Merumuskan tujuan penulisan
3. Memilih waktu, tempat dan metodologi penelitian
4. Mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung
5. Menyusun time skedul
6. Menyusun laporan pengajuan karya ilmiah ke dosen pembimbing ( untuk presentasi jika diperlukan ).
7. Persetujuan dosen pembimbing.

Langkah ke dua adalah melakukan pengumpulan data. Proses pengumpulan data disesuaikan dengan metode penelitian. Dapat dilakukan dengan survey, memanfaatkan data yang sudah tersedia, wawancara dan lain sebagainya. Persiapan dengan membuat kisi-kisi pertanyaan/pernyataan diperlukan, supaya proses pengumpulan data efektif dan efisien. Pergunakan landasan terori sebagai acuan dalam pembuatan kisi-kisi. Batasan waktu untuk proses pengumpulan data adalah sekitar 2 minggu.

Langkah ketiga adalah melakukan pengolahan data. Jika data sudah lengkap, proses pengolahan data dapat segera dilakukan. Lakukan validasi data, baik secara manual maupun dengan bantuan program, sebelum proses pengolahan data dilanjutkan. Data yang tidak valid dianulir, dan data yang valid dapat diproses lebih lanjut. Diharapkan data yang valid dapat menghasilkan kesimpulan yang akurat. Proses pengolahan data dilakukan sesuai metodologi yang telah dirancang, sesuai dengan judul yang telah ditetapkan. Batasan waktu yang dipakai untuk proses pengolahan data adalah 2 minggu.

Langkah keempat adalah melakukan analis data dan merumuskan kesimpulan. Pada tahap ini dilakukan analisis data yang telah diolah berdasarkan teori-teori pendukung yang telah disampaikan dalam metodoligi penelitian. Perkiraan waktu yang dibutuhkan sekitar 2 minggu

Waktu tersisa 2 minggu lagi dipakai untuk berkonsultasi dengan dosen pembimbing dan untuk melakukan tahap finising dalam mempersiapkan diri untuk presentasi di hadapan dosen penguji.





3 Months Thesis / Thesis completed

Target 3 completed the manufacture of scientific papers in the form of thesis / thesis is a natural thing. The first step is the preparation phase, which can be completed in about 4 weeks.

What should be done by students in the preparation stage are as follows:
1. Selecting / Defining the title
2. Formulate writing goals
3. Choose the time, place and methodology of research
4. Prepare the supporting facilities and infrastructure
5. Develop time schedule
6. Prepared a report on the submission of scientific papers to the supervisor (for presentations if necessary).
7. Supervisor approval.


The second step is to collect data. Data collection process tailored to research methods. Can be done with the survey, utilizing the already available data, interviews and so forth. Preparation by making the lattice a question / statement is required, so that the effective and efficient data collection. Terori use as a reference base in the manufacture of the lattice. The time limits for the data collection process is about 2 weeks.

The third step is to perform data processing. If the data is complete, the data processing can be performed. Perform data validation, either manually or with the help of the program, prior to the data processing is continued. Invalid data annulled, and that valid data can be processed further. It is expected that valid data can produce an accurate conclusion. Data processing was done according to the methodology designed, in accordance with a predetermined title. The time limits are used for data processing is 2 weeks.

The fourth step is to formulate conclusions and data analysts. At this stage of data analysis that has been processed based on theories that have been submitted in support of research metodoligi. Estimated time required approximately 2 weeks

The remaining 2 weeks are used to consult with the supervisor and to perform the finishing stages of preparing for a presentation before the examiner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar